Terima Kasih, Dua Kata Bermakna Dahsyat untuk yang Rentan Depresi

1 month ago
Posted by news
36 views
Terima Kasih, Dua Kata Bermakna Dahsyat untuk yang Rentan Depresi


Jakarta, Walaupun sangat sederhana tetapi tak banyak yang tahu jika ucapan terima kasih saja bisa bermakna begitu besar untuk melawan depresi.

Hal ini diungkap tim peneliti gabungan dari beberapa kampus di Houston, Texas dan Pennsylvania serta Michael E DeBakey Veteran Affairs Medical Centre setelah melakukan survei terhadap 352 responden berusia 18-58 tahun.

Survei dilakukan dengan meminta mereka mengisi kuesioner yang tujuannya untuk mengupas profil masing-masing dari mereka. Sejumlah pertanyaan juga mencoba menguak seberapa sering responden merasakan depresi dan bagaimana mereka berinteraksi dengan orang lain.

Ternyata mereka yang sering mengucapkan terima kasih dapat menjauhkan seseorang dari risiko depresi.

Menurut peneliti, ini karena ungkapan terima kasih tersebut erat kaitannya dengan 'cognitive reappraisal', kemampuan seseorang untuk menghadapi situasi sulit dan mengubahnya menjadi sesuatu yang lebih positif.

"Ketika seseorang merespons sesuatu dengan baik, yaitu lewat ucapan terima kasih, maka pandangan mereka tentang suatu keadaan menjadi berubah lebih positif. Inilah yang kemudian memicu penurunan gejala depresi," tulis peneliti dalam jurnal Personality and Individual Differences dan dikutip dari .

Sebaliknya, depresi lebih banyak terlihat pada responden yang mengalami kondisi yang disebut dengan 'ambivalent emotional expression (AEE)', atau rasa takut untuk mengutarakan perasaannya.

"Dengan menyampaikan rasa terima kasih, ini akan membantu seseorang yang merasa kesulitan mengekspresikan perasaannya agar lebih terbuka, dan mencegah munculnya pemikiran negatif," lanjut peneliti.

Hal senada juga disampaikan psikolog Dr Cynthia McVey dari Glasgow Caledonian University. Bukan hanya karena mengucapkan terima kasih maka seseorang merasa lebih baik, tetapi respons yang diperoleh dari orang lain juga akan memberikan efek serupa.

"Memang orang-orang yang mengalami depresi berat butuh terapi, tetapi pada dasarnya, dengan melakukan kebaikan kecil-kecilan seperti mengucapkan terima kasih, hal ini mendorong Anda untuk berpikir bahwa Anda adalah orang yang baik," katanya.

Keyakinan inilah yang dianggap McVey dapat menurunkan tingkat keparahan atau gejala depresi yang terlihat pada diri seseorang. (lll/up)

Source :
health.detik.com