Tips Menjaga Kebersihan Miss V Agar Terhindar dari Keputihan

6 months ago
Posted by news
78 views
Tips Menjaga Kebersihan Miss V Agar Terhindar dari Keputihan


Jakarta, Meski lazim dialami perempuan remaja maupun wanita dewasa, sudah dikategorikan tidak wajar bila keputihan berbau dan berwarna pekat. Oleh karena itu, wajib perhatikan kebersihan Miss V.

Menurut dr Noviyanti, SpOG dari Mayapada Hospital Tangerang, menjaga kebersihan Miss V amatlah penting untuk seorang wanita. Selain menyebabkan keputihan, area Miss V yang tidak sehat akan menimbulkan penyakit lainnya seperti kanker serviks.

"Untuk mencegah keputihan yang tidak normal, sebaiknya basuh Miss V dengan menggunakan air keran bersih yang mengalir. Hindari juga cara cebok yang salah (dari arah bokong ke depan -red)," tutur dr Novi dalam live chat 'Keputihan dan Masalah Kewanitaan' yang digelar oleh detikHealth dan detikForum di detikcom, Jalan Warung Jati Barat, Jakarta Selatan, Kamis (20/4/2017).

Baca juga:

Lanjut ia, Tidak disarankan memakai sabun cuci daerah kewanitaan, karena akan menggangu pH vagina. Perhatikan pula kebersihan daerah Miss V dengan memakai celana dalam berbahan katun yang mudah menyerap keringat agar tidak terjadi infeksi pada saluran reproduksi oleh berbagai kuman, jamur, atau parasit. Kemudian, rajinlah mengganti celana dalam sekurang-kurangnya dua sampai tiga kali sehari.

"Kalau sudah lembap, baiknya ganti," ujar dokter cantik ini.

"Hindari kebiasaan bertukar celana dalam dengan orang lain dan kebiasaan penggunaan handuk bersama," sambungnya lagi.

Pada beberapa wanita yang sering mengalami keputihan memilih menggunakan pantyliner karena dianggap lebih praktis ketimbang harus mengganti celana terus-terusan. Padahal menurut dr Novi, penggunaan pantyliner sebaiknya dipakai sebelum dan sesudah haid.

Baca juga:

(hrn/vit)

Source :
health.detik.com