Trik Agar Anak dan Ortu Tak Canggung Bicara Kesehatan Reproduksi

8 months ago
Posted by news
78 views
Trik Agar Anak dan Ortu Tak Canggung Bicara Kesehatan Reproduksi


Jakarta, Pendidikan kesehatan reproduksi (kespro) penting diberikan pada anak. Hanya saja, dalam pemberian pendidikan kespro kadang orang tua bahkan si anak masih canggung membicarakan soal hal ini.

Menanggapi hal ini, ahli kesehatan masyrakat sekaligus sekretaris Yayasan Pelita Ilmu, Usep Salahudin mengatakan seyogianya memang orang tua terbuka dengan anak mulai mereka kecil. Sebab, tak jarang saat anak sudah remaja, orang tua menemui kebingungan bagaimana membicarakan soal kesehatan reproduksi pada remajanya.

"Jadi orang tua ibaratnya baru sadar pas anaknya remaja, bingung bagaimana ngomongnya karena terlanjur nggak terbuka. Untuk itu, alangkah baiknya kalau sejak anak kecil orang tua bisa terbuka, saling curhat," kata Usep dalam Bincang Santai bersama DKT Indonesia di Oakwood, Kuningan, Jakarta Selatan, Selasa (7/3/2016).

Menurut Usep, komunikasi yang terbuka amat penting sehingga anak bisa merasa nyaman saat ia bicara dengan orang tuanya. Nah, kenyamanan anak saat bicara dengan orang tuanya bisa terwujud salah satunya jika orang tua tidak langsung memarahi anak ketika si anak mengungkapkan sesuatu.

"Kebanyakan anak bisa takut bicara dengan orang tuanya karena takut dimarahi atau diledeki, terlebih suka dibanding-bandingkan. Kalau anak ada masalah dan dia cerita ke kita, biarkan dia cerita dulu lalu kita bicarakan dengan baik-baik. Jangan dimarahi. Memang sih, di sekolah ada guru BK yang bisa bantu atasi masalah anak tapi di sekolah kan cuma 2 atau 3 guru, siswanya ratusan, kan nggak tercover," kata Usep.

Tak lupa, Usep menyarankan untuk membuat anak merasa nyaman dengan orang tuanya. Hal simpel seperti tidak mudah memarahi anak bisa membuat anak nyaman. Sehingga, penting bagi orang tua mengetahui apa hal-hal yang bisa membuat anak nyaman apalagi yang tahu watak sang anak adalah orang tua.

"Kita cari trik-trik apa yang bikin dia nyaman, masukkan dia ke zona nyaman dia hingga kemudian kita bisa berdiskusi dengan dia. Anak itu mau cerita ke orang yang mau menghargai dan menjaga rahasia dia. Misalnya saat dia cerita dimarahi guru, jangan langsung kita ikut-ikut memarahi dia tapi bisa digali lagi jangan-jangan itu karena ada masalah sama temannya. Itu bisa jadi pintu kita untuk bisa saling ngobrol sama kita," tutur Usep.

Dalam kesempatan sama, Deputy GM Condoms Business PT DKT International, Pierre Frederick mengatakan penting bagi orang tua menjadi info soal kesehatan reproduksi bagi anak. "Untuk itu, melalui booklet Safety Can Be Fun ini kami ingin membantu orang tua agar mudah menjawab pertanyaan anak soal kesehatan reproduksi dengan bahasa sehari-hari dan lebih santai, dan pastinya bisa dipahami anak," kata Pierre. (rdn/up)

Source :
health.detik.com