Trik Agar Anak dengan ADHD Lancar Bersekolah

1 year ago
Posted by news
149 views
Trik Agar Anak dengan ADHD Lancar Bersekolah




Jakarta, Anak dengan kondisi Attention Deficit Hyperactive Disorders (ADHD) sulit untuk berkonsentrasi dalam jangka waktu lama. Namun demikian bukan berarti dirinya tidak bisa mengikuti pelajaran di sekolah.

Seringkali karena salah paham anak ADHD dicap sebagai pembuat onar. Padahal menurut psikiater anak dan remaja dr Gitayanti Hadisukanto, SpKJ(K), dari Rumah Sakit Pondok Indah (RSPI) ada beberapa trik yang bisa dilakukan untuk anak ADHD lancar bersekolah.

"Contohnya taruh di depan kelas supaya dia tidak terdistraksi dengan aktivitas teman yang lain. Bisa menghadap meja guru supaya lebih fokus karena kadang buat anak ADHD ada kipas di atas aja sudah bisa terganggu enggak bisa konsentrasi," dr Gita dalam temu media di The Hook Restaurant and Bar, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Kamis (23/3/2017).
Trik berikutnya bisa dengan membagi suatu penjelasan atau instruksi tugas menjadi bagian-bagian kecil. Hal ini untuk menjaga agar anak bisa tetap menjaga fokusnya pada tiap poin.

"Tugas dibagi menjadi lebih kecil. Jadi misalnya dia punya pekerjaan rumah 20 nomor kerjakan dulu lima, yang omor enam sampai 20 ditutup dulu. Kalau dia udah langsung lihat banyak biasanya akan susah fokus sudah nyerah duluan," kata dr Gita.

ADHD sendiri sebetulnya bisa diterapi dengan terapi konseling dan bila perlu dibantu obat. Dengan terapi yang tepat dr Dharmawan A. Purnama, SpKJ, mengatakan maka kemampuan sosial dan akademis anak dapat dibantu menjadi lebih baik.

Sementara itu bila tidak pernah diterapi maka kondisi ADHD berisiko untuk menjadi gangguan yang terus ada sampai dewasa.

"Ya ini akibat dari ADHD yang diabaikan, yang efeknya dirasakan oleh orang lain ya. Dalam hal ini lingkungan sekitar si anak. Kalau efeknya bagi diri sendiri bisa terjadi kecelakaan berulang, bisa bermasalah dengan drug abuse, penggunaan narkoba, adiksi seksual, pengangguran juga," terang dr Dharmawan beberapa waktu lalu. (fds/up)

Source :
health.detik.com