Trik Mengatasi si Kecil yang Cemburu pada Calon Adiknya

1 month ago
Posted by news
34 views
Trik Mengatasi si Kecil yang Cemburu pada Calon Adiknya


Jakarta, Kehadiran buah hati baru di tengah keluarga tentu membuat ayah dan ibu bahagia. Sayangnya, tidak selalu demikian respons dari seluruh anggota keluarga. Sang kakak yang masih balita biasanya sulit menyambut dengan tangan terbuka.

Diungkapkan psikolog anak dan remaja Ratih Zulhaqqi, M.Psi, tidak semua anak siap menjadi kakak karena mereka belum mengetahui secara pasti apa yang akan terjadi ketika ada anak kecil lain di kehidupannya selain dirinya.

"Pertanyaan yang paling sering muncul adalah apakah ibu atau ayah akan berubah menjadi tidak sayang kepada saya ketika adik muncul," kata Ratih, begitu ia akrab disapa.

Kemudian, berbagai perasaan seperti iri, cemburu, serta takut tersaingi dalam mendapat perhatian maupun kasih sayang, acap kali muncul sebagai bentuk atau sikap penolakan kakak terhadap adiknya. Sehingga wajar jika sang kakak akan merasa tersisihkan.

Bagaimanapun menurut Ratih itu bisa diminimalisir jika ayah atau ibu tetap berusaha seimbang dalam memberi perhatian dan kasih sayang pada si kecil.

"Ketika adik telah lahir, usahakan perhatian keluarga tidak hanya terfokus kepada bayi yang baru lahir, namun justru perhatian kakak harus tetap ada dan tidak berubah sehingga ia tidak akan merasa bahwa adik adalah saingannya, ucap wanita yang berpraktik di RaQQi - Human Development & Learning Centre, Tebet, Jakarta Selatan.

Tambah Ratih, meskipun hal ini lumrah terjadi, sebagai orang tua sebaiknya perlu melakukan kiat-kiat yang bisa diterapkan agar kecemburuan sang kakak terhadap adik tidak berkelanjutan melalui metode cerita atau bermain peran.

"Orang tua bisa melakukan penjelasan dengan banyak metode seperti menggunakan buku cerita, film atau bermain peran (role play) tentang bagaimana kondisi ketika adik muncul dan apa yang sebenarnya akan terjadi sehingga ia diharapkan mendapat insight dari cerita tersebut," sambungnya.(hrn/vit)

Source :
health.detik.com