WHO: Deteksi Dini Penyakit Kanker Selamatkan Nyawa dan Biaya

1 year ago
Posted by news
145 views
WHO: Deteksi Dini Penyakit Kanker Selamatkan Nyawa dan Biaya




Jakarta, Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) merilis laporan terbaru soal kanker bertepatan dengan Hari Kanker Sedunia yang jatuh pada tanggal 4 Februari lalu. Dalam laporannya, WHO menekankan soal pentingnya deteksi dini.

Etienne Krug, pakar penyakit kronis dari WHO menyebut deteksi dini penyakit kanker masih belum dilakukan dengan tepat. Padahal dengan deteksi dini, penyakit ditemukan lebih awal yang meningkatkan peluang kesembuhan, mengurangi rasa sakit dan menekan pengeluaran biaya berobat.

"Deteksi dini penyakit kanker bukan hanya dapat menyelamatkan nyawa Anda, namun juga membuat biaya yang dikeluarkan untuk berobat lebih sedikit," tutur Krug, dikutip dari .



Krug mengatakan deteksi dini lebih murah daripada pengobatan konvensional radioterapi atau kemoterapi. Pasien juga bisa pulih lebih cepat, yang membuatnya bisa kembali produktif dan kembali bekerja.

Tantangan untuk deteksi dini memang masih ada, terutama di negara-negara miskin yang alat diagnostik, laboratorium hingga sumber daya manusianya masih terbatas. Meski begitu, kemajuan ilmu kedokteran membuat deteksi dini tak melulu harus menggunakan alat.

"Beberapa bentuk deteksi dini memiliki tingkat keakuratan yang baik, dengan biaya yang sedikit dan bisa dimaksimalkan untuk negara-negara miskin," paparnya.

Terakhir, Krug menganjurkan agar para penyelenggara asuransi kesehatan lebih fokus pada program deteksi dini daripada pengobatan. Dengan begitu, pasien bisa mendapat manfaat deteksi dini dan pihak asuransi tidak harus mengganti uang berobat yang lebih besar.

Data WHO menyebut 1 dari tiap 6 kematian di dunia disebabkan oleh kanker. Sekitar 14 juta orang didiagnosis mengidap kanker setiap tahunnya, dan diprediksi meningkat menjadi 21 juta pada tahun 2030.

(mrs/vit)

Source :
health.detik.com