Wow, Ponsel Hilang Dianggap Lebih 'Ngeri' dari Serangan Teroris

3 months ago
Posted by news
65 views
Wow, Ponsel Hilang Dianggap Lebih 'Ngeri' dari Serangan Teroris


Jakarta, Sumber stres dan ketakutan tiap orang tentu berbeda-beda. Namun hal mengejutkan diungkap sebuah survei terbaru di Inggris.

Survei dilakukan terhadap sekitar 2.000 pria dan wanita asal Inggris agar peneliti dapat melihat perbedaan sumber stres dan dampaknya bagi kesehatan kedua jenis kelamin.

Secara garis besar, kematian anggota keluarga atau pasangan, dipenjara dan kebakaran/kebanjiran berada di urutan teratas sebagai pemicu stres oleh keduanya, termasuk terkait keberadaan anak.

Menurut peneliti, perbedaan tingkat stres pada pria dan wanita menjadi sangat kecil terkait kelahiran anak. Artinya kedua gender menganggap punya anak sama-sama memicu stres.



Daftar ini kemudian disusul dengan hal-hal yang berkaitan dengan kemacetan, dipecat dari pekerjaan atau tidak diterima bekerja. Akan tetapi pada generasi muda, kehilangan ponsel ikut berada dalam daftar teratas, bahkan masih di atas serangan teroris.

Peneliti menyimpulkan ini karena serangan teroris bukanlah sesuatu yang terjadi setiap hari, atau bahkan mungkin sangat jarang ditemukan. Lain halnya dengan kehilangan ponsel atau kemacetan yang ditemui responden setiap waktu.

"Selain itu, kehidupan modern juga telah memunculkan faktor pemicu stres baru yang mungkin tidak terbayangkan 50 tahun lalu, seperti media sosial dan ponsel pintar," ungkap salah satu peneliti Lucy Donaldson dari The Physiological Society, seperti dilaporkan The Sun.

Meski begitu, peneliti menggarisbawahi bahwa wanita dilaporkan lebih stres dibanding pria ketika dihadapkan pada setiap faktor yang ada.

Persoalannya kemudian, Donaldson mengingatkan, ini bisa berdampak pada kesehatan wanita. Bukan hanya pada kesehatan mentalnya, tetapi juga fisiknya.

"Otak, sistem saraf dan hormonal akan bereaksi terhadap adanya stres dan ini bisa berpengaruh langsung ke jantung, sistem kekebalan dan sistem cerna, apalagi jika dibiarkan berlarut-larut," kata Donaldson.



Di sisi lain, ini menunjukkan tingginya ketergantungan generasi muda terhadap gadget. Ingin tahu seberapa besar bahayanya bagi anak? Simak penjelasannya lewat video berikut ini.



(lll/up)

Source :
health.detik.com