Kapal Pembawa Migran Diizinkan Berlabuh di Spanyol

5 months ago
Posted by news
56 views
Kapal Pembawa Migran Diizinkan Berlabuh di Spanyol


Aquarius, kapal organisasi kemanusiaan Dokter Tanpa Tapal Batas yang menolong migran di lepas pantai Libia pekan lalu dan tidak diiizinkan berlabuh di Italia dan Malta, telah berlabuh di Spanyol hari Minggu. Kapal itu telah disertai oleh dua kapal Italia. Kapal Dattilo, yang memuat sebagian migran Aquarius, telah tiba sebelumnya hari Minggu. Kapal Orione diperkirakan akan tiba kemudian hari ini.

Para dokter yang mengatakan migran tersebut “kecapaian dan stres,” disambut di Valecia dengan poster besar “Selamat Datang Kembali” dalam berbagai bahasa.

Menurut para pejabat Valecia, para migran itu terdiri dari 450 orang pria dan 80 perempuan. Tujuh perempuan sedang hamil. Ada juga 11 anak-anak di bawah usia 13 dan 89 remaja.

Dokter Tanpa Tapal Batas mengatakan para migran itu berasal dari 26 negara, sebagian besar dari Afrika, tetapi juga dari Afghanistan, Bangladesh dan Pakistan.

Perdana Menteri baru Spanyol, Pedro Sanchez, mengatakan “kewajiban kitalah menghindarkan bencana kemanusiaan dan menawarkan pelabuhan yang aman kepada orang-orang ini untuk memenuhi kewajiban hak asasi kita.” Demikian Perdana Menteri Spanyol. [gp/lt

Source :
www.voaindonesia.com