Pelayat Mengalir untuk Beri Penghormatan Terakhir bagi Mendiang George H.W. Bush

5 days ago
Posted by news
8 views
Pelayat Mengalir untuk Beri Penghormatan Terakhir bagi Mendiang George H.W. Bush


Presiden Amerika Donald J. Trump dan Ibu Negara Melania dijadwalkan untuk secara pribadi menyampaikan belasungkawa mereka kepada putra presiden ke-41 George H.W. Bush, yang juga mantan presiden ke-43, George W. Bush, mantan ibu negara Laura Bush dan para anggota keluarga Bush lainnya di Blair House.

Keluarga Bush tinggal di wisma tamu negara di seberang jalan dari Gedung Putih itu selagi mereka berada di Washington.

“Menanti-nantikan bertemu bersama keluarga Bush yang luar biasa di Blair House hari ini,” kata Trump dalam cuitan di Twitter.

Cuitan itu juga mengatakan “mantan Ibu Negara akan datang ke Gedung Putih pagi ini untuk diajak menonton dekorasi Natal oleh Melania. Keanggunan dan ketepatan semua kegiatan dalam dua hari terakhir sangat luar biasa!”

Trump sering melontarkan ejekan politik terhadap keluarga Bush, yang berasal dari sayap moderat tradisional partai Republik Amerika dan sering bertentangan dengan pendukung populis Trump. Tetapi Trump dan istrinya bergabung dengan para pelayat di Gedung Kongres atau Capitol pada Senin (3/12) malam dan berdiri menghormat jenasah Bush dalam peti mati yang diselimuti bendera Amerika.

Pasangan itu berhenti sejenak. Trump memberikan hormat dan Melania Trump menempatkan tangannya di atas dada.

Bush tidak pernah menjalin hubungan hangat dengan Trump dan memilih lawannya, Demokrat Hillary Clinton, dalam pemilihan presiden 2016. Tetapi Trump pada hari Senin mengirim sepucuk surat kepada Kongres dan menyatakan bahwa Bush “menjalani kehidupan yang memberikan contoh yang benar-benar hebat bagi Amerika. Presiden Bush bekerja tanpa pamrih sepanjang hidupnya untuk mewujudkan dunia yang berkeadilan dan mencapai perdamaian abadi.”

Para pelayat mengantri di gedung Capitol di Washington, D.C., hari Selasa (4/12) untuk memberikan penghormatan terakhir kepada mantan Presiden George H.W. Bush, yang jenazahnya dibaringkan di Rotunda Gedung Kongres Amerika. Pengunjung diperbolehkan berjalan melewati peti mati itu, yang pada Rabu pagi akan dibawa ke Kathedral Nasional Washington untuk acara kebaktian peringatan.

Pemakaman Bush akan diadakan pada hari Kamis (6/12) di kompleks perpustakaan kepresidenannya di Texas. Presiden ke-41 Amerika yang menjabat satu masa jabatan di Gedung Putih dari 1989 hingga 1993 itu meninggal di Texas, negara bagian asalnya, Jumat malam dalam usia 94 tahun. [lt]

Source :
www.voaindonesia.com