3 Pertanyaan Sebelum Anda Memulai Bisnis - Portal Lengkap Dunia Marketing

1 year ago
Posted by news
264 views
3 Pertanyaan Sebelum Anda Memulai Bisnis - Portal Lengkap Dunia Marketing

3 Pertanyaan Sebelum Anda Memulai BisnisIngin memulai bisnis? Jika berpikir demikian Anda berada di jalur yang benar. Tapi ada banyak hal yang harus dilakukan sebelum memulai bisnis.

Memulai bisnis adalah salah satu peristiwa yang sangat besar yang dapat mengubah hidup Anda. Anggap saja sebagai sebuah pernikahan. Menjalankan sebuah bisnis yang sukses membutuhkan komitmen. Seperti dalam pernikahan, Anda akan hidup dengan bisnis selama 24 jam sehari, 365 hari setahun.

Jika bisnis yang dibangun ingin berjalan sukses, Anda harus bekerja dengan maksimal. Karena, pasang surut dan berbagai hal tak terduga akan Anda alami, layaknya sebuah pernikahan.

Positifnya adalah jika Anda adalah orang yang tepat dengan rencana yang solid, memulai bisnis bisa menjadi hal yang paling memuaskan, pengalaman yang menggembirakan dari hidup Anda.

Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah memilih sebuah bisnis yang tepat. Anda bisa bertanya kepada teman, rekan kerja atau siapa saja yang mencoba memberitahu Anda bahwa Anda harus segera memulai bisnis.

Pertama kali yang harus Anda miliki ketika memulai bisnis adalah keinginan membara untuk melakukannya. Ingat! Menjalankan bisnis bukan untuk iseng. Anda harus benar-benar ingin menjadi seorang bos, mengubah impian Anda menjadi kenyataan.

Nah, sekarang coba tanyakan 3 pertanyaan di bawah berikut kepada diri Anda sendiri:

Apakah Anda ingin mengoperasikan, menjadi orang yang membuat keputusan dan memikul semua tanggung jawab sendiri?

Jika Anda menjalankan bisnis seorang diri, sukses tidaknya sepenuhnya tergantung Anda. Tidak ada yang memberitahu apa yang harus Anda lakukan. Besaran penghasilan yang Anda terima pun tergantung dari kemampuan Anda menarik pelanggan untuk membeli produk dan layanan yang disediakan.

Apakah Anda bersedia bekerja keras dan membuat pengorbanan yang diperlukan untuk memulai bisnis?

Sebagian orang yang memiliki pengalaman akan memberitahu Anda bahwa jika menjalankan bisnis seorang diri, kemungkinan untuk menjadi besar akan memakan waktu yang lama. Terutama dalam fase start-up (yang berlangsung berbulan-bulan atau bertahun-tahun).

Sebab, Anda mungkin akan menjadi manajer, karyawan, resepsionis, keuangan, pembukuan, dan apapun yang diperlukan secara bersamaan. Ini berarti bisa sampai larut malam, jam kerja pun panjang.

Dalam kasus bisnis ritel, Anda akan diminta untuk memiliki tempat terbuka selama jam bisnis biasa (dalam sebuah mal ini mungkin berarti waktu yang lama untuk menyesuaikan diri dengan jam mal).

Jika Anda memiliki keluarga, mereka harus siap jarang bertemu dengan Anda. Cara terbaik untuk mengelola ini adalah melibatkan mereka dalam bisnis ini.

Mungkin pasangan Anda dapat membantu dalam hal gaji dan pembukuan, jika anak-anak Anda sudah besar, mereka dapat ikut ambil bagian juga dan mungkin pada akhirnya mengambil alih bisnis.

Apakah Anda cukup percaya diri dan disiplin yang akan memungkinkan Anda bertahan dan membangun bisnis baru Anda menjadi sukses?

Beberapa bisnis baru tidak sukses dalam semalam. Dibutuhkan kerja keras, kesabaran, dan ketekunan untuk membangun sebuah bisnis yang sukses. Beberapa jenis bisnis dapat menguntungkan hanya dalam beberapa bulan, sementara yang lain membutuhkan waktu bertahun-tahun untuk membangun basis pelanggan dan menjadi sukses.

So, apakah Anda sudah siap?

Jika jawabannya tidak, Anda mungkin memang tidak siap membuka bisnis. Kisah sukses dalam semalam hanya cerita. Kenyataannya adalah keberhasilan dimenangkan melalui kerja keras dari waktu ke waktu.

Jika Anda menjawab ketiga pertanyaan diatas dengan positif, maka Anda berada dijalur yang benar. (About.com/Cecep Supriadi)

Editor: Putri Sekar

Source :
www.marketing.co.id