5 Keuntungan Bagi UKM Jika Gunakan Cloud Computing

1 year ago
Posted by news
277 views
5 Keuntungan Bagi UKM Jika Gunakan Cloud Computing


Cloud computingMarketingcoid – Semakin mahalnya harga perangkat dan infrastruktur TI menjadi hambatan tersendiri bagi para pelaku start-up dan UKM untuk mengembangkan teknologi yang mereka miliki.

Indonesia sendiri memiliki puluhan juta UKM dan akan amat disayangkan bila bisnis yang mereka jalankan macet hanya karena tak memiliki sumber daya mencukupi untuk membeli, memelihara dan mengamankan sistem informasi mereka sendiri.

Tak mengherankan jika teknologi komputasi awan (cloud computing) akhir-akhir ini semakin dilirik sebagai jawaban atas keterbatasan biaya dalam pengembangan TI terhadap bisnis.

Berikut 5 keuntungan menggunakan cloud computing dikutip Smallbiztrendscom:

Scalability

Salah satu manfaat utama dari cloud computing adalah kemampuan untuk scale up and down sesuai dengan tuntutan real-time. Jika bisnis membutuhkan lebih banyak RAM, ruang hard drive, atau CPU, masing-masing bisa ditambahkan dengan cepat.

Security

Banyak orang beranggapan bahwa menyimpan file dan data di cloud berarti membuka bisnis mereka pada risiko keamanan. Padahal, solusi cloud saat ini memiliki tingkat keamanan yang jauh lebih tinggi dibandingkan solusi on-premise. Jika Anda sedang mencari keamanan cyber yang lebih baik, pindah ke cloud adalah solusi terbaik.

Hemat biaya

Mungkin alasan terbesar mengapa saat ini bisnis ramai-ramai pindah ke cloud adalah karena dapat menghemat biaya terkait dengan menghilangkan server on-premise dan mengadopsi pendekatan pay-as-you-go.

control penuh/akses control

Ketika menggunakan server on-premise, Anda terpaksa harus hadir secara fisik di kantor (atau dibatasi perangkat tertentu) untuk mengakses file dan lainnya. Namun, sejak cloud beredar di dunia maya, Anda dapat mengakses apapun dari jarak jauh. Hal ini membebaskan Anda melakukan bisnis dimanapun dan kapanpun, di jalan, di rumah, atau di kantor.

Relevan

Akhirnya, migrasi bisnis ke cloud harus menjadi bahan pertimbangan utama Anda, karena itu akan menjadi praktik standar di sebagian besar industri.

Pilihan ada pada Anda, ingin dikenal sebagai bisnis yang konsisten dengan prinsip-prinsip gaya lama atau mengikuti perubahan? Dampak negatif atau positif pada karyawan dan pelanggan nantinya akan tergantung dari pilihan Anda.

Source :
www.marketing.co.id