Christian Sugiono: Berbisnis Harus Punya Value

2 years ago
Posted by news
315 views
Christian Sugiono: Berbisnis Harus Punya Value


Orang mengenalnya sebagai seorang pemain sinetron. Tak banyak yang tahu Tian adalah seorang technopreneur muda yang cerdik melihat peluang bisnis dan cerdas membangun merek.

Nama Christian Sugiono memang sudah sering malang melintang di saluran televisi. Berbagai hal pernah ia cicipi, mulai dari film, sinetron, model, hingga pemain iklan.

Christian Sugiono, founder MBDC

Christian Sugiono, founder MBDC

Karakternya yang maskulin membuat khalayak mudah mengidentifikasi dirinya meski bermain di judul yang berbeda. Namun siapa sangka, bahwa Tian juga merupakan pelaku startup yang andal.

Sebelum ikut sinetron, tepatnya waktu masih di Jerman, gua udah ngerjain internet. Pulang ke Indonesia gua tetap ngejalanin itu, cuma orang tahunya baru-baru ini aja,” ucap pria yang akrab disapa Tian ketika ditemui di lokasi syutingnya di kawasan Kelapa Gading.

Bermula ketika masih di Jerman, ia bersama dengan kedua teman chatting-nya, yaitu Aryo Sayoga dan Arianji, Christian kerap membahas hal yang tidak perlu. Akhirnya mulai terbersit untuk mendokumentasikan berbagai pembahasan yang sebenarnya tidak perlu namun menarik untuk disimak.

Males Banget Dot Com (MBDC)

Singkat cerita, terbentuklah Males Banget pada tahun 2002. Sempat vakum karena kesibukan masing-masing, akhirnya di tahun 2011, mereka berpikir untuk membuat Males Banget versi serius dengan tema Males Banget 2.0.

“Awalnya tahun 2002 ketika masih di Jerman, tapi kemudian 2011 nge-revive lagi. Kita bagusin, dan nge-bentuk perusahaan online betulan,” tukas Tian.

Bukan tanpa alasan Tian terjun di bisnis internet. Selain karena kesukaannya pada dunia digital, peluang bisnis internet juga diakui Tian cukup besar. Begitu pula digital marketing di Indonesia, sangat berbeda dengan kawasan Asia Tenggara lain.

Startup di Indonesia environment-nya sangat baik, apalagi empat tahun belakangan ini, banyak investor luar yang duit-nya di-push di Indonesia,” kata Tian.

“Sementara untuk digital marketing, dari sekian banyak negara, yang cukup berhasil adalah Indonesia. Karena pas gue liat dari luar, misalnya Malaysia dan Singapura, Indonesia itu banyak terdapat buzzer. Padahal di Asia lain buzzernggak terlalu efektif,” tambahnya lagi.

Berlanjut ke MBDC, ternyata banyak orang Indonesia yang menyukai gaya konten yang seperti ini. Berita yang tampil dengan gaya santai dan jarang diperhatikan orang, menjadi kekuatan Males Banget Dot Com.

Tidak hanya artikel-artikelnya, video bertajuk ‘Jalan-Jalan Men’ pun menjadi andalan mereka. Rahasianya hanya satu, konten seperti ini jarang ada di situs-situs lain. Jadi peluangnya sangat besar.

“Kita ngeliat bisnis internet di Indonesia rata-rata bermain di ranah berita yang serius. Nah konten humor seperti Males Banget Dot Com ini masih berlum terlalu banyak, bahkan yang besar belum ada,” ujar suami Titi Kamal itu.

“Karena gue suka humor, gue juga ngeliat peluangnya masih besar. Akhirnya kita tembak di situ,” tambahnya lagi.

Menjelang 2014, Tian mengaku akan menambahkan beberapa fitur baru pada situs besutannya tersebut. Jika selama ini konten-kontennya hanya berupa artikel dan video pertunjukkan, Tian mengaku akan membubuhi menu lain agar lebih menarik.

“(Tahun 2014) Kita pengen nambah kanal musik sama konten gadget. Tapi tetap dikemas dengan gaya MBDC yang santai,” jelas Tian.

Tidak hanya itu, Tian juga akan menambahkan fitur gamification, tujuannya agar orang semakin tertarik berkunjung ke MBDC.

Setipe.com

Meski MBDC telah sukses, namun Tian kembali membuat sebuah bisnis baru di ranah digital. Mengusung tema yang masih jarang ada di Indonesia, yaitu ‘online dating’, Tian menggebrak lagi pasar startup.

Berbeda dengan online dating lain, menurut Tian, “Setipe.com adalah Indonesia matching site, di mana kita menggunkaan psikologi orang-orang yang jomblo. Mereka yang sering tidak cocok dalam menemukan pasangan, di sini bisa cocok. Kalau join Setipe, lu bakal dikasih berbagai pertanyaan untuk mengetahui karakter lu. Dan akan dicarikan tipe yang pas,” tutur Tian.

Karena masih terbilang baru, dan online dating juga masih dianggap tabu, maka Tian merangkul komunitas dan konsultan pernikahan untuk melakukan berbagai edukasi. Tidak hanya itu, Setipe juga dipastikan Tian sangat aman dan membuat first date para member layaknya second date, karena memiliki kecocokan karakter.

“Gua optimis dengan situs ini, karena barang baru. Indonesia itu suka dengan barang baru,” tegas Tian.

Well, selama ini Tian memang mencari sesuatu yang belum terjamah untuk ide bisnisnya. Tapi tidak hanya itu, menurut Tian, jika ingin sukses Anda harus bisa melihat kebutuhan khalayak dan memberikan produk yang memang bermanfaat.

“Bisnis adalah membuat sebuah produk atau apapun, yang berguna dan pastinya memberi value bagi orang banyak. Hal itu juga akan menjadi profit bagi kita sebagai founder-nya. Dengan begitu produk kita bisa semakin luas dan value-nya juga membuat perubahan bagi orang lain,” terang Tian.

Seperti halnya MBDC, yang berperan sebagai penyegar di tengah-tengah berita serius, Setipe.com, juga mungkin akan sangat berguna mengurangi jumlah jomblo di tanah air. (Doddy Saputra/YM)

Source :
www.marketing.co.id