Tahun Baru, Peluang Baru Meroketkan Bisnis, Ini 5 tipsnya! - Portal Lengkap Dunia Marketing

1 year ago
Posted by news
295 views
Tahun Baru, Peluang Baru Meroketkan Bisnis, Ini 5 tipsnya! - Portal Lengkap Dunia Marketing

Belum terlambat bagi Anda yang belum sempat menyusun rencana bisnis di tahun 2016. Berikut lima tips yang mungkin bisa Anda pertimbangkan jika ingin meroketkan bisnis Anda di tahun mendatang.

Tentukan lima goal utama untuk 2016

Sebelum tahun yang baru dimulai, mari membuat daftar apa saja yang dibutuhkan untuk membuat tahun 2016 menjadi tahun yang terbaik bagi bisnis kita. Lima goal ini haruslah jelas, spesifik, dan tangible. Setelah membuat daftar goal tersebut, buatlah detail bagaimana kita bisa mencapai goal tersebut. Tulis secara spesifik dan luangkan waktu untuk mengetahui apa yang kita akan perlukan untuk berkembang. Tulis tahap-tahapnya sedetail dan sebanyak mungkin.

Evaluasi sistem

Jelang awal tahun adalah waktu yang tepat untuk mengevaluasi sistem yang sudah kita jalankan. Lihat kembali bagaimana sistem sudah beroperasi. Pastikan untuk fokus pada area dalam bisnis yang bisa diefisienkan agar bisa menghemat waktu operasional. Lihat juga apa saja komponen sistem yang sudah tak diperlukan lagi. Intinya, pastikan sistem terus diperbarui agar bisa mencapai goal.

Otomatiskan bagian bisnis

Tahun baru adalah saat yang tepat untuk memperbaiki pendekatan model bisnis. Coba untuk mengotomatisasi pekerjaan harian dengan tools dan teknologi baru. Ada banyak program dan aplikasi tersedia untuk mengotomatisasi sistem manajemen, akunting dan bahkan marketing dan media sosial.

Delegasikan tanggung jawab harian

Di tahun yang baru coba delegasikan tugas-tugas harian yang memakan waktu kepada orang lain. Memang sulit, tapi ada saatnya tugas-tugas tersebut harus dipercayakan kepada orang lain. Mendelegasikan tugas akan sangat membantu dalam mengerjakan tugas yang lebih prioritas.

Cari cara baru untuk membuat pelanggan Anda bergumam ‘Wow’ di tahun 2016

Luangkan waktu untuk berdiskusi dengan tim, mencari cara baru yang benar-benar bisa ‘menggoda’, mengejutkan dan menyenangkan pelanggan.

Tahu yang baru artinya peluang baru bagi bisnis kita. Tetap fokus, bekerja dan ambil peluang untuk membuat hal-hal menarik terjadi di tahun 2016.

(Entrepreneur)